Tipe Margarin dan Mentega yang Bagus Untuk Kesehatan

Margarin dan mentega umumnya kerap kita gunakan menjadi olesan roti, kombinasi adonan kue, atau alternatif minyak goreng untuk memasak. Walau nampak serupa dan sama dan di anggap sebagai sumber vitamin A, tetapi sesungguhnya margarin dan mentega ialah 2 bahan makanan yang beda. Ke-2 bahan makanan ini berawal dari bahan baku yang tidak sama, dan mempunyai kandungan nutrisi, penampilan, dan struktur yang lain juga. Tentu saja kita harus mengetahui juga antara kedua bahan ini, yang mana yang lebih bagus untuk kesehatan. Untuk mengenali apa saja perbedaan dari margarin dan mentega, silahkan kita baca bedanya di bawah ini.

Bagus untuk kesehatan dari kandungan nutrisi

Margarin dan mentega sesungguhnya memiliki kandungan jumlah kalori yang serupa. Margarin memiliki kandungan omega-3 dan omega-6 yang bagus untuk perubahan otak anak dan memproduksi energi bagus untuk badan, dan kaya lemak tidak jemu yang bagus untuk kesehatan. Sedang mentega memiliki kandungan lemak natural serta gizi yang lain, seperti vitamin A, D, E, dan K. Ke-2 bahan makanan ini tetapi sama memiliki kandungan lemak dan kolesterol. Cholesterol sesungguhnya bagus untuk perubahan otak, fleksibilitas sel, dan usus yang sehat, tetapi tidak boleh dimakan terlalu berlebih sebab bisa menyebabkan kolesterol jahat dan tidak bagus untuk jantung.

Bahan baku

Bahan baku pembuat margarin dibuat dari lemak nabati atau lemak yang dari tumbuhan. Berikut kenapa kandungan lemak jenuhnya semakin sedikit dibanding mentega yang dibikin berbahan baku lemak hewani, seperti lemak sapi yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi.

Penampilan

Bila disaksikan sesaat, margarin dan mentega memang nampak serupa, tetapi sesungguhnya mereka mempunyai penampilan fisik yang beda. Margarin mempunyai warna yang lebih kuning dan berkilau sebab lemak nabati lebih berminyak, sedang mentega warna kuningnya lebih sirna sebab lemak nabati tidak begitu berminyak.

Struktur

Struktur ke-2 bahan makanan itu juga mempunyai ketidaksamaan. Margarin lebih memiliki tekstur padat, lebih berminyak, dan tidak gampang menetes dibanding mentega yang lebih halus, tidak begitu berminyak, dan gampang menetes.

Yang mana yang bagus untuk kesehatan?

Baik margarin dan mentega ke-2 nya sama mempunyai kolesterol dan lemak jenuh, tetapi bila disaksikan dari segi lemak pembuat kolesterol jahat yang semakin sedikit, mentega ialah opsi terunggul. Tetapi, untuk kandung omega-3 dan omega-6 yang bagus untuk perubahan otak anak dan memproduksi energi, dan kandungan minyak nabati yang semakin banyak, margarin lebih bagus daripada mentega.

Itu dia perkiraan dan perbandingan antara margarin dan mentega untuk mengetahui yang mana yang bagus untuk kesehatan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *