Pola Hidup Sehat Memakai Minyak Goreng yang Tepat

Banyak orang yang ingin menjalani hidup sehat. Mereka dapat melakukan hal itu dengan rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan yang sehat, dan mendapatkan istirahat yang cukup. Tetapi apakah kamu tahu bahwa ada hal lain yang perlu kamu perhatikan seperti penggunaan minyak goreng yang tepat ketika kamu memasak makanan kamu?

Apakah kamu tahu bahwa minyak yang digunakan dalam memasak berpengaruh terhadap kesehatan kita. Minyak goreng yang biasa dipakai oleh orang Indonesia adalah minyak sawit yang hampir 50% yang terdiri atas lemak jenuh. Lemak jenuh yang terdapat dalam minyak tersebut dapat meningkatkan kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh kita. Dan hal ini menyebabkan kegemukan dan penyakit jantung. Untungnya ada alternatif minyak yang lebih sehat yaitu:

  • Minyak Kanola
  • Minyak Jagung 
  • dan Minyak Zaitun 

Minyak diatas merupakan minyak goreng yang tepat untuk kamu coba karena memiliki kandungan lemak jenuhnya yang rendah. Minyak yang memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah tidak akan membeku pada suhu rendah. Dan jika kamu menyimpan kedua minyak itu ke dalam kulkas maka minyak kanola dan minyak jagung tersebut tidak akan membeku. Lain halnya dengan minyak sawit, sesudah dimasukkan ke kulkas dia akan membeku. 

Selain memiliki minyak jenuh yang rendah, minyak kanola dan minyak jagung juga sama-sama mengandung omega-3 yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan Jantung. Perbedaan antara kedua minyak tersebut berasal dari sumber dan aromanya. Asal dari  minyak kanola adalah biji bunga kanola sedangkan asal dari minyak jagung adalah dari jagung. Minyak kanola memiliki aroma yang segar yang mirip dengan minyak zaitun sementara minyak jagung memberikan aroma khas dan hal ini dapat membuat masakan terasa lebih sedap.

Bisa digunakan untuk aplikasi apa saja seperti menumis, memanggang ikan, pan frying dan menggoreng. Tetapi jika ingin hidup lebih sehat sebisa mungkin hindari dipakai untuk deep frying. 

Dengan bertumpu pada informasi diatas, alangkah baiknya apabila kamu menggunakan minyak goreng yang tepat seperti kanola atau minyak jagung. Ini dilakukan agar kamu dapat mempunyai pola hidup yang sehat dan akan terhindar dari segala penyakit di saat tua nanti. Mengganti ke minyak goreng yang tepat, pasti akan berpengaruh dengan kesehatan kamu nantinya. Ini akan menjadi sebuah investasi yang tidak akan kamu sesali di ujung waktu.  Semoga informasi ini berguna buat kamu ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *