Penyebab Jerawat yang Perlu Kamu Ketahui

Jika kamu adalah seseorang yang sering sekali jerawatan, sebelum kamu mencoba untuk mengatasinya, kamu sebaiknya mengetahui penyebab berjerawat yang dapat kamu hindari. Dengan begitu kamu dapat mengatasinya dengan tepat. Dibawah ini akan dibahas beberapa alasan mengapa kamu sering muncul jerawat. Simak sampai habis ya!

Terlalu sering menekan jerawat

Bila ada jerawat yang sedang muncul, disarankan untuk tidak mencoba menghilangkan dengan menekan jerawat, apa lagi memakai tangan yang kotor!

Karena saat jerawat di tekan atau dipencet, kemungkinan besar pori-pori kamu akan tersumbat dan mengakibatkan proses pengobatan semakin lama. Tidak hanya itu jika kamu melakukan hal tersebut, ini juga dapat meninggalkan sisa jerawat yang memerah atau menghitam.

Tidak hanya itu, ada kemungkinan kalau jerawat tersebut akan muncul di tempat yang sama. Oleh karena itu untuk dapat mengatasinya kamu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat khusus yang sesuai dengan kondisi kulit kamu.

Menggunakan skincare yang kurang sesuai

Diakibatkan karena rasa keingintahuan yang tinggi, banyak orang yang ingin mencoba untuk menggunakan produk skincare dari luar negeri. Memang tidak salah tapi sebaiknya kamu juga perlu waspada karena belum pasti semua skincare yang kamu coba sesuai dengan jenis kulit yang kamu miliki. Untuk mengetahui apakah skincare yang kamu gunakan cocok atau tidak adalah apakah kamu merasakan rasa panas dan gatal pada saat menggunakannya. Apabila tidak berarti skincare nya cocok, tapi apabila iya kamu perlu waspada. 

Jadi jika kamu telah mencoba lalu memang tidak cocok dengan kulit kamu, langsung hentikan penggunaannya, ya! Bukan tanpa sebab, permasalahan semacam ini pada akhirnya bukan menjaga kulit, malah justru memunculkan jerawat yang tetap ada.

Makan makanan yang manis terlalu banyak

Salah satu penyebab jerawat yang terus muncul adalah kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan manis. Disamping itu, kamu harus mengurangi konsumsi olahan dari produk susu, karena hal tersebut diperhitungkan punya pengaruh pada timbulnya jerawat.

Coba untuk mengaplikasikan makanan yang sehat untuk dimakan dan menghindari makanan yang dapat menyebabkan jerawat dengan teratur supaya terbebas dari jerawat dan permasalahan kulit yang lain.

Adanya faktor keturunan

Salah satu faktor penyebab jerawat adalah karena faktor keturunan. Sebagai contoh, apabila ibu atau ayahmu berjerawat saat remaja atau dewasa, kemungkinan besar kamu juga akan mengalami hal yang serupa. Oleh karena itu sebaiknya kamu bertanya kepada kedua orang tua kamu apakah mereka dulu mengalami hal yang serupa atau tidak. 

Itu dia beberapa alasan mengapa kamu sering jerawatan. Untuk mengetahui lebih lanjut kamu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ya agar kamu tidak salah dalam melakukan penanganan dan memperparah keadaan jerawat kamu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *