Minyak Goreng Kedelai Sehat Dikonsumsi atau Tidak?

Bagaimanapun minyak goreng sudah menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Minyak goreng berfungsi untuk menggoreng dan lain sebagainya. Hal ini juga menjadikan topik ini sebagai perdebatan para ahli di dunia. Banyak sekali  penelitian yang dilakukan tentang minyak yang mana yang terbaik untuk dikonsumsi. Banyak orang yang menyebutkan bahwa minyak zaitun lah yang paling sehat, tapi bagaimana dengan minyak yang lain seperti minyak kedelai kacang kedelai? 

Kacang kedelai mendapatkan urutan kedua sebagai minyak yang paling banyak diproduksi di dunia. Sangat banyak yang dijual di berbagai negara sebagai minyak nabati. Minyak kedelai dipercaya sebagai sumber Kaya akan vitamin E dan juga vitamin K menurut penelitian terbaru yang dimuat dalam jurnal. 

Minyak kedelai mudah kita temukan di mana-mana selain murah untuk memasak banyak ini juga banyak digunakan dalam produk makanan kemasan banyak pula restoran yang memakai minyak ini karena dipersepsikan sehat. 

Tetapi sebenarnya apabila ingin menentukan kalau minyak goreng kedelai yang dihasilkan dari biji kedelai itu sehat atau tidak, maka minyak goreng ini lebih pantas menyandang gelar paling tidak sehat. Kesimpulan tersebut dihasilkan oleh peneliti dengan cara membandingkan dua kelompok tikus yang diberi pola makan yang mengandung lemak. Pada kelompok pertama adalah lemak jenuh dan berasal dari minyak kelapa sementara itu lemak di kelompok kedua tidak jenuh dan mayoritas berasal dari minyak kedelai. 

Ini dikarenakan minyak kedelai memiliki lemak tak jenuh yang tinggi yang terlalu bagus untuk tubuh. Contohnya apabila dibandingkan dengan minyak kelapa, kedua minyak tersebut mempunyai dua fungsi yang berbeda.

Jadi kalau minyak kedelai itu titik didihnya atau titik atapnya tinggi jadi baik untuk memasak dipanaskan di atas api dan lemak tak jenuhnya juga tinggi sementara minyak kelapa itu sebenarnya lemak jenuhnya yang lebih tinggi dan titik didihnya lebih rendah diri tidak baik untuk dipanaskan cuma memang akhir-akhir ini ada penelitian tentang minyak kelapa yang pernyataan minyak kelapa memiliki zat aktif yang tinggi atau zat hidupnya lebih banyak, dengan demikian mengandung antioksidan yang lebih tinggi lebih dan baik untuk tubuh. 

Jadi setelah mengetahui informasi diatas, apakah kamu masih ingin untuk mengkonsumsi minyak kedelai.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *