Mengapa Lingkaran Hitam Di Bawah Mata Muncul?

Banyak orang yang mengalami kondisi mata panda atau yang biasa dikenal dengan lingkaran hitam di bawah mata. Hal ini tentu saja bukan sesuatu yang serius yang harus diatasi oleh dokter, tetapi apabila kamu mengalami hal ini, kamu akan terlihat lebih lelah dan capek. 

1. Hiperpigmentasi dan penipisan kulit

Hiperpigmentasi dan penipisan kulit jadi pemicu mata panda bisa terjadi. Hiperpigmentasi adalah satu keadaan saat badan menghasilkan semakin banyak melanin. Mengakibatkan, kulit jadi lebih gelap.

Selain itu, penipisan kulit pada tempat sekitar mata mengakibatkan pembuluh darah jadi terlihat riil. Akhirnya, mata panda jadi tidak bisa terhindar. Berlangsungnya penipisan kulit dikuasai oleh faktor umur. Bersamaan pertambahan umur seorang mengakibatkan kulit jadi makin tipis.

2. Penyimpanan cairan

Ada penyimpanan cairan atau kelebihan cairan pada tempat mata jadi salah satunya pemicu mata panda. Hamil sebagai salah satunya keadaan yang biasa terjadi karena penyimpanan cairan. Penyimpanan cairan dapat disebabkan oleh konsumsi garam berlebihan. Keadaan ini bisa diikuti dengan kenaikan berat tubuh.

3. Dehidrasi

Dehidrasi jadi pemicu lingkaran hitam di bawah mata yang umum.

Saat badan tidak terima jumlah air yang pas, penampilan kulit di seputar mata jadi kusam dan cengkung.

4. Penyakit kulit

Untuk pasien eksim, dermatitis atau penyakit yang lain, umumnya akan alami tanda-tanda kulit meradang yang akut. Infeksi ini memunculkan hiperpigmentasi hingga ada lingkaran hitam di tempat mata. Mengakibatkan, kulit jadi kering dan kadang memunculkan rasa gatal.

5. Pola hidup

Rutinitas merokok dan konsumsi alkohol bisa mengakibatkan terciptanya lingkaran hitam di bawah mata. Alkohol dan kafein dapat membuat mata panda makin terang. Masalahnya ke-2 bahan ini bisa mengakibatkan dehidrasi enteng. Disamping itu, seorang yang sering konsumsi kopi atau zat memiliki sifat stimulasi yang lain dapat menyebabkan susah tidur hingga mata panda tercipta.

Itu dia beberapa penyebab mata panda yang bisa kamu ketahui. Dengan demikian kamu akan lebih mengetahui bagaimana cara agar dapat menghindarinya dengan benar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *