Membersihkan Minyak Goreng Agar Dapat Dipakai Lagi

Untuk artikel yang ini, akan membahas tiga cara untuk menghilangkan bau atau membersihkan minyak goreng yang sudah dipakai sekali. Menggoreng adalah salah satu metode memasak yang paling sering dipraktekkan di rumah. Menggoreng ini pastinya akan membutuhkan banyak minyak, namun Sangat disayangkan baru menggoreng 1 kali ternyata minyak tersebut sudah bau. Kamu pasti sudah penasaran bagaimana cara menghilangkan bau pada minyak yang sudah digunakan.

Menggunakan saringan

Setelah  menggoreng aneka bahan, minyak goreng biasanya akan berubah warna dan mengandung aneka serpihan bekas makanan. Pastikan selalu tuang minyak ke dalam saringan halus sebelum disimpan. Cara ini akan membuat minyak kembali bersih dan tidak bau tengik. Jangan lupa untuk menyimpan minyak di wadah yang tertutup agar tidak ada kotoran yang masuk ke dalamnya. 

Membersihkan minyak goreng bekas menggoreng tepung

Menggoreng ayam goreng tepung biasanya minyak goreng akan jadi kental dan berwarna keputihan banyak seperti ini sudah tercampur tepung sehingga menjadi cepat gosong jika digoreng kembali. Cara membersihkannya diamkan minyak goreng yang telah dipakai selama semalaman. Nantinya tepung akan mengendap dibawah permukaan minyak. Kamu cukup menggunakan bagian minyak di atasnya saja dan kamu dapat membuang endapan yang terkumpul. Setelah itu minyak siap digunakan kembali. 

Menghilangkan bau pada minyak goreng 

Minyak goreng yang sudah digunakan dapat menyerap bau, apalagi jika kita habis menggoreng ikan asin atau ayam kuning, baunya akan langsung berubah. Kamu bisa aja menggunakan ulang minyak goreng yang sudah bau dengan cara menghilangkan baunya terlebih dahulu. Caranya, kamu dapat memanaskan minyak lalu masukkan beberapa batang serai yang telah dipaparkan dan biarkan sampai layu. Sisa minyak goreng yang ingin kamu gunakan akan berkurang baunya.

Dengan informasi diatas, kamu dapat menggunakan ulang minyak goreng yang kamu telah gunakan. Tapi kamu perlu ingat jangan terlalu sering menggunakan ulang minyak goreng yang telah kamu pakai. Cukup ulang penggunaan sekali saja. Semoga informasi diatas berguna ya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *