Masalah Kulit yang Sering Muncul Pada Saat Remaja

Penampilan dianggap mendukung kepercayaan diri, termasuk mereka yang masih remaja. Tapi tanpa diragukan lagi, karena perubahan hormon selama masa remaja, tampaknya beberapa masalah pada kulit. Tentu saja, jika tidak ada benar masalah kulit, terutama wajah, dapat membuat rasa percaya diri berkurang. Jadi apa masalah kulitremaha yang paling sering terjadi? Mari simak informasi di bawah ini yuk!

Produksi minyak berlebih

Masalah kulit remaja yang pertama adalah ketika beranjak ke usia remaja, kelenjar sebaceous dalam tubuh menjadi begitu aktif bahwa setiap produksi minyak berlebih. Hal ini membuat layar tampak pori-pori besar menjadi dan kulit begitu cerah dengan minyak. Dalam beberapa kasus, produksi minyak yang berlebih dapat menyebabkan munculnya jerawat dan ketombe pada kulit kepala.

Masalah kulit remaja karena Jerawat

Seperti yang telah disebutkan di atas, dalam beberapa kasus, produksi minyak yang berlebihan dapat memicu timbulnya jerawat. Hal ini terjadi karena kulit berminyak membuatnya lebih mudah untuk debu dan kotoran menempel di kulit sehingga menyumbat pori-pori, jika pemeliharaan dan pembersihan akan melakukan pori-pori dan memicu jerawat. Selain itu, jerawat juga bisa muncul lebih buruk karena perubahan hormonal, terutama sebelum periode menstruasi.

Hiperpigmentasi

Selain itu, masalah lain adalah pasca-inflamasi hiperpigmentasi (PIH). HPI adalah perubahan warna kulit menjadi lebih gelap karena jerawat. Untuk menghindari HPI, kamu dapat meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral untuk menjaga segar kulit kamu dan tidak kusam.

Untuk masalah kulit di kalangan remaja, kamu dapat menerapkan langkah-langkah berikut.

  • Cuci wajah kamu dua kali sehari, pagi dan malam
  • Gunakan pelembab setelah mencuci wajah kamu.
  • Gunakan pagi tabir surya untuk melindungi kulit terhadap sinar UV yang dapat memperburuk kondisi jerawat.
  • Jangan memencet jerawat, bahkan jika tangan kamu sudah gemas lakukan untuk meminimalkan bekas jerawat dan peradangan.
  • Peningkatan konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral untuk menjaga segar kulit kamu dan tidak kusam, dan mempercepat regenerasi kulit.

Itu dia masalah kulit remaja yang paling sering muncul. Dengan mengetahui informasi di atas kamu dapat menggunakannya untuk mencegah atau mengobati munculnya masalah seperti diatas. Kiranya artikel ini bermanfaat untuk kamu ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *