Kulit Wajah Berminyak dan Cara Merawatnya

Kali ini kita akan  memberikan tips merawat kulit wajah berminyak minyak atau sebum sebetulnya bermanfaat untuk menjaga kesehatan elastisitas dan juga kelembutan kulit kamu. Tapi apabila terdapat terlalu banyak minyak yang dihasilkan oleh wajah ini dapat menyumbat pori dan jerawat akan bermunculan, ditambah apabila kamu tidak merawat kulitmu dengan baik. Tapi kenapa ya kok kulit wajah bisa mengeluarkan minyak yang berlebih? Jadi, peningkatan produksi minyak di wajah disebabkan oleh banyak faktor seperti misalnya:

  • hormon yang nggak seimbang peningkatan usia
  • kondisi kesehatan faktor genetik stres 
  • kalau kamu sedang berada di cuaca yang panas atau enggak biasanya area wajah yang paling cepat berminyak yaitu area atau daerah sekitar dahi dan hidung plus daerah pipa.

Pasti kalian sudah sering mengalami baru beberapa jam mencuci muka tetapi sudah muncul lagi minyak di wajah. Kulit berminyak perlu perawatan yang tepat agar tidak memicu

jerawat dan mengganggu penampilanmu.  Kalau begitu, bagaimana cara membasmi minyak berlebih pada wajah? 

Berikut 3 tips yang dapat kamu lakukan agar kamu bisa merawat kulit wajah berminyak untuk hasil yang lebih maksimal. 

Cuci muka secara teratur

Tips pertama, kamu dapat mencuci wajah dengan pembersih wajah. Kamu dapat melakukan ino setidaknya dua kali sehari. Pilihlah pembersih wajah dengan formulasi yang tepat untuk kulit berminyak kamu juga bisa pilih pembersih wajah dengan kandungan antibakteri yang lembut dan bebas alkali seperti montalin C40 supaya terhindar dari bakteri penyebab jerawat. 

Selain itu kamu juga bisa pilih pembersih wajah yang mengandung panthenol. Zat ini berfungsi untuk membantu meregenerasi sel kulit wajah kamu. 

Scrub wajah secara teratur

Lalu, agar wajahmu lebih bersih 1 sampai 2 kali seminggu kamu bisa gunakan scrub lembut untuk wajah.

Scrub bisa membersihkan sampai ke pori-pori kulit terdalam dari sisa minyak lemak dan kotoran kulit sehingga efektif untuk menghilangkan sel kulit mati dan mengurangi komedo. Dengan begitu, kamu dapat tampil dengan kulit wajah yang lebih lembut dan halus. Nah sip tambahani pilih produk yang mengandung fenoksietanol supaya produknya tidak mudah rusak oleh mikroorganisme.

Gunakan krim wajah yang sesuai

Selanjutnya ketiga setelah wajah dibersihkan menggunakan krim wajah pilih yang sifatnya mattifying untuk membantu mengurangi minyak di kulit wajah. Ini agar kulit wajah kamu lebih terlihat cerah. Kamu bisa memilih krim wajah mattifying yang mengandung vitamin aloe vera dan Veronika cat sehingga kadar minyak berkurang nutrisi dan kelembaban kulit tetap terjaga.

Oh ya saat akan keluar rumah pastikan sudah memakai tabir surya minimal dengan SPF 30.

Melindungi kulit wajahmu dari berbagai gangguan akibat paparan sinar ultraviolet. Demikian tips untuk merawat kulit wajah berminyak.

Jika kamu punya pertanyaan mengenai masalah kulit kamu dapat bertanya langsung ke dokter kulit. Kamu bisa menggunakan jasa Alodokter atau Halodoc melalui aplikasi. Itu dia tips cara merawat muka berminyak, semoga informasinya membantu kamu ya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *