Jual Barang Bekasmu Lewat 5 Situs Jual-Beli Ini

kirim-uang
Kirim Uang

Barang bekas jangan dibuang. Siapa tahu bisa jadi duit buat tambah-tambah uang belanja. Caranya gimana? Jual saja.

Sebaiknya jual barang tak terpakai melalui jalur yang lebih berpotensi mendatangkan uang lebih banyak. Salah satunya adalah via online.

Sudah banyak situs jual-beli yang bisa dimanfaatkan. Ihwal keamanan dan kenyamanan transaksi pun tiap-tiap situs bersaing untuk memberikan yang terbaik.

Berikut adalah 5 situs jual-beli yang sering digunakan untuk menjual barang bekas:

1. Tokopedia

Situs jual-beli ini termasuk komplet untuk urusan jual-beli. Cara daftarnya pun gampang. Selain itu, pilihan kurirnya banyak.

Tinggal cari yang aksesnya paling gampang dari rumah. Transaksi di Tokopedia dilakukan dengan sistem escrow atau rekening bersama (rekber).

Jadi, nantinya pembeli melakukan kirim uang ke rekening Tokopedia. Setelah barang dikirim dan diterima, barulah dana itu kirim uang ke penjual. Baik itu penjual maupun seorang pembeli, tidak perlu khawatir kena tipu karena diperantarai oleh Tokopedia.

2. Bukalapak

Situs jual-beli berikut ini sebelas-dua belas dengan Tokopedia. Perbedaan utamanya terletak pada fitur pencarian yang lebih terbatas dan tampilan situsnya.

Jumlah kurirnya juga berbeda. Tinggal dicoba saja mana yang lebih cocok di antara Tokopedia ataupun Bukalapak.

Lebih baik sih pasang iklan di kedua situs itu. Seperti memancing, makin banyak kail disebar, makin besar peluang ikan tertangkap.

3. FJB Kaskus

Forum jual-beli atau yang bisa disingkat menjadi FJB di Kaskus adalah salah satu sarana transaksi barang yang paling awal di Indonesia. Sebelum marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak menjamur, FJB Kaskus adalah andalan orang untuk membeli dan menjual barang.

Kini, FJB Kaskus memiliki fitur escrow juga. Dulu, layanan ini disediakan oleh user pribadi. Tapi kalau misalnya mau transaksi langsung antara penjual dan pembeli bisa juga.

4. OLX

OLX adalah hasil “perkawinan” Tokobagus dan Berniaga—dua situs jual-beli senior di Indonesia. Uniknya, situs ini mendorong transaksi dengan metode COD.

Jadi, penjual dan pembeli bertemu terlebih dulu untuk mengecek barang yang akan dijual. Setelah tercapai kesepakatan, barulah transaksi dilakukan.

Cara ini menguntungkan pembeli maupun penjual. Pembeli bisa mengecek dengan detail barang yang akan dibeli, sementara penjual bisa langsung menerima uang setelah deal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *