Ikut Panduan Ini Untuk Pemilik Kulit Sensitif

Apa Anda seseorang pemilik kulit yang sensitif? Bila ya, Anda perlu memperhatikan cara untuk menjaga kulit Anda. Bila asal-asalan, kesehatan kulit Anda malahan dapat terancam.

Kenyataannya, kulit sensitif benar-benar gampang teriritasi, kemerahan, terbakar, perih, gatal, dan mengelupas. Tipe kulit ini condong kasar, dan gampang tampil garis keriput.

Dengan keadaan itu, pemilik kulit sensitif perlu lakukan perawatan dengan cermat supaya keadaannya tidak semakin memburuk. Berkaitan itu, berikut hal-hal yang perlu dijauhi bagi pemilik kulit sensitif:

Perhatikan Sabun/Shampoo yang kamu gunakan

Beberapa produk sabun yang ada dalam tempat umum, misalkan sabun atau shampo, umumnya tidak ramah untuk pemilik kulit sensitif. Beberapa produk itu bahkan juga dapat memunculkan keluh kesah, berbentuk kulit kering, gatal, dan kemerahan sebab iritasi. Dianjurkan buat kamu ketika memilih suatu produk seperti sabun atau shampoo, kamu memperhatikan kandungan bahan yang ada dalam produk tersebut. 

Sebaiknya Kamu, menjauhi produk yang mempunyai peringatan mengenai iritasi kulit. Jauhi juga beberapa bahan, seperti pemutih, alkohol, amonia, etilen glikol monobutil asetat, natrium hipoklorit, dan trisodium fosfat.

Pemilik kulit sensitif sebaiknya Gunakan pembersih badan ditempat yang benar

Pemilik kulit sensitif seharusnya hanya memakai sabun untuk anggota badan seperti, seperti ketiak, pangkal paha, tempat pantat, tangan, atau kaki.

Mengapa begitu? Karena, anggota badan yang lainnya dapat dibikin bersih dengan menggunakan air. Bila memungkinkannya, tentukan sabun yang spesial diformulasi untuk kulit sensitif.

Perhatikan juga pemilihan deterjen baju yang kamu gunakan. Tentukan produk yang hipoalergenik, tidak memiliki kandungan bahan pewarna, pewangi, dan punyai kandung antibakteri.

Perhatikan kandungan kosmetik dan cara pemakainnya

Beberapa orang dengan kulit sensitif perlu memperhatikan dengan seksama kandung kosmetik yang digunakan.

Kamu perlu memperhatikan untuk memakai kosmetik memiliki label noncomedogenic, yang berarti kandung itu tidak akan “hilangkan” pori-pori Anda.

Konsep yang perlu kamu lakukan jika kamu mempunyai kulit sensitif saat menentukan produk kosmetik, semakin sedikit produk yang kamu gunakan maka semakin baik untuk tubuh dan kulit kamu.

Jauhi produk yang memiliki kandungan pengawet, bahan warna tambahan, dan pewangi. Tidak disarankan juga memakai kosmetik tahan air (waterproof), sebab Anda perlu produk spesial yang umumnya beralkohol untuk menghapusnya. 

Janganlah lupa untuk memperhatikan tanggal lewat waktu setiap produk kosmetik. Tidak boleh pakai produk kosmetik yang telah melalui periode lewat waktu, sekalinya masih nampak baik.

Jangan merokok atau kurangi merokok

Sudah rahasia umum jika merokok banyak menyebabkan masalah pada kesehatan. Selain itu rokok juga dapat meningkatkan reaksi kulit sensitif terlebih bila Anda menanggung derita psoriasis. Rutinitas merokok juga bisa dibuktikan bisa membuat proses pengobatan lebih susah waktu permasalahan kulit berlangsung.

Atas landasan itu, seharusnya hentikan dan jauhi rokok benar-benar, apa lagi bila Anda tidak mau keluh kesah kulit sensitif gampang kumat.

Tidak mandi terlalu lama

Air dapat berfungsi untuk menghilangkan minyak alami kulit. Keadaan itu dapat membuat kulit condong lebih kering, kuat, atau pecah-pecah. Oleh karenanya, jauhi mandi kelamaan.

Bila Anda mandi memakai air hangat, yakinkan waktunya cuman sekitar di antara 10 sampai 15 menit. Yakinkan temperatur air satu derajat di atas temperatur badan, yakni 38 derajat Celcius. Di atas temperatur itu, kulit dapat semakin kering sebab air panas dapat hilangkan minyak alami dari kulit.

Selekasnya memakai pelembap sesudah mandi untuk kembalikan kelembapan kulit yang menyusut. Anda bisa memakai pelembap memiliki tekstur cair, dituruti dengan pelembap yang lebih padat dan memiliki tekstur cream.

Jika kulit condong kering, pakai pelembap sejenis cream untuk menahan atau kurangi iritasi.

Rutin menggunakan pelembab dan jika perlu gunakan beberapa kali dalam sehari bila diperlukan. Beberapa bahan landasan yang bisa jadi pilihan untuk melembabkan, misalkan minyak zaitun, minyak jojoba, minyak grapeseed, dan minyak argan.

Pemilik kulit sensitif sebaiknya rajin minum air putih

Minum air putih kerap dipandang seperti hal remeh. Walau sebenarnya, air benar-benar diperlukan untuk untuk metabolisme badan keseluruhannya, dapat menolong mempertahankan kesehatan kulit.

Penuhi keperluan cairan harian Anda dengan konsumsi minimal dua liter air putih tiap satu hari. Imbangi dengan mengonsumsi makanan bergizi serta sehat imbang, terutamanya yang memiliki kandungan vitamin atau mineral.

Itu dia cara agar Anda dapat merawat kulit sensitif yang Anda miliki. Kamu bisa mengikuti hal-hal diatas dengan teratur dan konsisten. Kuncinya adalah, Anda harus disiplin dalam menjalaninya. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk digunakan sebagai panduan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *