Hindari 3 hal ini Dalam Merawat Wajah Berminyak

Banyak usaha dilakukan orang untuk mengatasi masalah kulit wajah yang berminyak. Tapi apakah kamu tahu kalau terdapat tiga kesalahan yang umum dilakukan dalam merawat kulit berminyak?

Minyak yang muncul pada kulit wajah sebenarnya normal dan berfungsi untuk menjaga agar kulit wajah tidak kering dan keriput. Tapi masalah akan muncul apabila produksi minyak yang dihasilkan terlalu banyak dan kulit jadi tampak mengkilap dan berminyak.

Oleh karena itu, jika dalam kondisi minyak berlebih kulit akan menjadi lebih mudah berjerawat. Bagi yang memiliki kulit berminyak mungkin kalian tidak percaya diri dengan kondisi ini

dan kalian sudah melakukan berbagai cara untuk mengurangi minyak di wajah. Tetapi, sayangnya ada beberapa perawatan yang dianggap bisa mengatasi kulit berminyak tapi nyatanya justru bikin kulit anda berminyak bahkan jadi rusak. Apa saja itu? 

Berikut tiga kesalahan yang umum terjadi ketika merawat wajah berminyak dan kamu harus hindari. 

Merawat wajah berminyak dengan tidak terlalu sering mencuci muka 

Salah satu cara salah dalam merawat wajah berminyak adalah terlalu sering mencuci muka. Mungkin banyak dari kalian yang terlalu sering mencuci muka. Ini mungkin karena kalian menganggap bahwa mencuci wajah bisa mengurangi minyak. Tetapi apabila kalian mencuci muka terlalu sering, ini dapat membuat permukaan kulit menjadi kering sehingga kulit akan memproduksi lebih banyak lagi minyak di wajah yang akhirnya akan bertolak belakang dengan hasil yang diinginkan. 

Cara yang benar adalah, kamu cukup Cuci wajah 2 kali sehari pada pagi dan malam hari dengan air dingin. Kamu dapat menggunakan pembersih wajah dengan kandungan antibakteri yang lembut dan bebas alkali misalnya yang mengandung 40 dengan PH 5,5. Kamu juga bisa memilih pembersih wajah dengan kandungan panthenol atau vitamin B5 karena dapat mengurangi produksi minyak sehingga dapat membantu mengatasi masalah kulit berjerawat pembersih wajah dengan ke-2 kandungan tersebut dapat melembabkan kulit dengan baik menjaga elastisitas kulit serta membantu regenerasi sel-sel kulit sehingga kulit jadi lembut 

Menggunakan scrub dengan terlalu keras

Dalam proses merawat wajah berminyak hal yang kedua yang perlu diketahui adalah menggosok wajah dengan scrub terlalu keras. Menggosok dengan terlalu keras hanya akan membuat kulit iritasi. Oleh karena itu ketika melakukan scrub sebaiknya kamu melakukan dengan lembut aja agar segera dapat membersihkan sampai kedalam pori-pori sekaligus mengangkat sel kulit mati. Ingat jangan lakukan terlalu sering melakukan scrub, kamu cukup melakukannya satu sampai dua kali seminggu. 

Krim wajah yang tidak sesuai

Dalam merawat wajah berminyak hal yang ketiga yang kamu harus ketahui adalah kamu tidak mau memakai pelembab dengan alasan takut kulit akan tambah berminyak. Ini juga salah besar, karena kulit berminyak juga butuh dijaga kelembabannya.

Agar kulit putih dan tidak semakin berminyak kamu bisa menghindari krim wajah yang bersifat negatif karena bisa mengurangi produksi minyak. Kamu dapat memilih krim yang mengandung vitamin aloe vera dan asam hialuronat atau hyaluronic acid dengan kandungan-kandungan tersebut kulitmu bisa tetap terhidrasi dengan baik.

Itu dia kesalahaan yang umum yang dilakukan untuk mengurangi wajah berminyak. Kamu bisa memulai untuk menghindari hal – hal di atas ya agar kulit wajah kamu terhindar dari kulit berjerawat. Apabila kamu tidak yakin, kamu dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kulit. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *