Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit yang Sensitif

Kamu adalah seseorang yang memiliki kulit sering gatal, bruntusan dan kering yang membuat kulit kamu terasa perih karena memakai suatu produk? Jika seperti itu, kemungkinan besar kamu mempunyai ciri-ciri kulit sensitif. Jika memiliki kulit yang sensitif, bukan hanya dimuka saja yang terasa sensitif, tetapi kulit di seluruh tubuh. Keluhan di atas biasanya dirasakan di area yang sering terpapar oleh zat tertentu atau terpapar oleh udara yang kering atau dingin. 

Kulit yang sensitif merupakan suatu kondisi kulit yang sangat gampang mengalami iritasi yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi pemiliknya. Untuk itu bagi kamu yang mempunyai jenis kulit inisebaiknya kamu mengetahui apa saja tandanya dan bagaimana cara mengatasinya. 

Apa saja faktor yang memicu? 

Setiap orang tentu saja mempunyai pemicu yang berbeda-beda. Kami akan membahasanya beberapa faktor di bawah ini. 

  • Stress atau cemas yang berlebihan 
  • Terlalu sering gonta-ganti produk perawatan/kecantikan
  • Hormon yang berubah ketika menstruasi/menopause
  • Sinar matahari/suhu panas/suhu dingin
  • Menggunakan obat-obatan tertentu

Selain itu, kulit kamu juga dapat mempunyai jenis kulit ini karena gangguan kulit seperti eksim,rosacea dan masih banyak lagi. Terlebih lagi genetik kamu juga dapat menentukan kamu mempunyai jenis kulit ini atau tidak. 

Apa saja tanda tanda-tanda nya?

Berikut tanda-tanda orang yang mempunyai kulit sensitif yang perlu kamu ketahui:

  • Gatal
  • Kering dan mengelupas
  • Terasa perih atau terasa terbakar
  • Ada bercak merah atau ruam

Bagaimana cara merawat kulit sensitif dengan benar?

  1. Hindari bahan yang memiliki iritan yang dapat menyebabkan iritasi ke kulit kamu. 
  2. Kamu harus cerdas dalam memilih produk untuk perawatan dan kecantikan. Diluar sana sudah banyak terdapat produk khusus untuk kulit sensitif yang pastinya aman bagi kulit kamu.
  3. Kamu harus rutin menggunakan pelembab sebagai bahan agar kulit kamu tidak dehidrasi dan terjaga kelembabannya ketika kamu melakukan aktivitas seharian.
  4. Hindari mandi dengan suhu air yang terlalu panas, dianjurkan menggunakan air dengan suhu ruangan.
  5. Kalau bisa kamu harus membatasi paparan sinar matahari, dan rutin menggunakan tabir surya dengan SPF 30 agar kulit kamu terjaga dari sinar ultraviolet matahari. 
  6. Jangan asal membeli produk, cobalah produk itu terlebih dahulu agar tahu apakah cocok dengan kulit sensitif kamu atau tidak. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mengetahui produk seperti apa saja yang cocok untuk kamu. 

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit yang sensitif. Selamat mencoba ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *