Cara Tepat Memilih Antara Margarin dan Mentega

Buat kamu yang senang untuk membuat kue, sebaiknya kamu mengetahui perbedaan antara margarin dan mentega. Kenapa? Dengan mengetahui perbedaan mereka kamu akan dengan lebih mudah membuat kue dengan hasil yang kamu inginkan. Ingat, tidak semua kue cocok untuk diberikan margarin ataupun sebaliknya. Dengan begitu simak penjelasan tentang perbedaan antara kedua bahan tersebut dibawah ini ya.

Apa itu Margarin? 

Margarin berasal dari minyak kelapa sawit dan memiliki kandungan lemak tidak jemu yang aman untuk kesehatan. Teksturnya lebih padat dibanding dengan mentega (butter) hingga tidak gampang menetes pada suhu ruang. Wewangian margarin tidak sewangi mentega tapi memiliki daya emulsi yang baik untuk memberi cita-rasa yang renyah pada kue.

Apa itu Butter atau Mentega?

Butter atau yang dikenali dengan mentega dibuat dari lemak hewani. Ada dua tipe mentega yang beredar banyak di pasar, yakni salted butter dan unsalted butter. Dari sisi rasa, salted butter mempunyai cita-rasa sedikit asin karena memiliki kandungan garam. Lain dengan unsalted butter merasa lebih tawar. Dari penggunaan, salted butter seringkali jadi bahan olesan, seperti roti, kue, atau martabak. Sedang unsalted butter dipakai sebagai bahan kombinasi untuk bikin kue.

Asal usul Margarin dan Mentega

Ketidaksamaan yang paling penting dari beda mentega dan margarin berada pada bahan dasar pengerjaan ke-2 nya. Di mana margarin berawal dari lemak nabati, umumnya dari minyak sayur. Sedang, mentega biasanya berawal dari lemak hewani, dapat dari lemak susu sapi, domba, kerbau, atau kambing. Seiring waktu berjalan, mentega ada juga yang dibuat dari lemak nabati yang umumnya diutamakan untuk beberapa vegetarian.

Warna yang berbeda antara margarin dan mentega 

Inilah langkah membandingkan yang termudah, yakni dapat dengan menyaksikan warna ke-2 nya langsung. Margarin mempunyai warna kuning yang lebih pekat dibanding mentega yang mempunyai warna kuning lebih pucat.

Aroma yang berbeda antara margarin dan mentega 

Karena asal-usulnya berbeda, karena itu wewangian yang dibuat mentega dan margarin jadi berlainan. Mentega mempunyai wewangian wangi yang semakin kuat dibanding margarin.

Ingin membuat kue kering yang wangi? Yuk, saksikan Macam Resep Kue Kering untuk Menghadapi New Normal di sini.

Mempunyai peran yang berbeda

Karena ketidaksamaan wewangian ini lah fungsi dari margarin dan mentega  nya sering diperdebatkan. Umumnya, mentega dipakai untuk bikin kue atau roti agar hasilnya jadi lebih wangi. Sedang margarin, mempunyai peranan yang lebih luas, dapat dipakai bagus untuk baking atau cooking.

Silakan dipakai sesuai dengan selera dan keperluan ya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *