5 Jenis Minyak Goreng yang Sesuai Untuk Diet

Kamu ingin memulai diet? Dan sudah memilih makanan apa saja yang dapat kamu makan agar diet kamu sukses? Tapi apakah kamu tahu, pemilihan minyak goreng bisa menjadi faktor penentu jika diet kamu akan berhasil atau tidak. 

Untuk artikel kali ini, kami akan merekomendasikan 5 jenis minyak goreng yang dapat kamu gunakan yang sesuai untuk diet. Kalian mau tahu apa aja minyak minyaknya? Simak artikel ini sampai habis ya.  

Berbagai jenis makanan yang kita konsumsi tidak dapat dipisahkan dari minyak goreng namun perlu diketahui bahwa makanan yang digoreng memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan dan tidak cocok untuk kalian yang sedang menjalani program diet.

Hal ini disebabkan karena minyak kelapa sawit yang sering kita gunakan untuk memasak dan menumis makanan mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Sedangkan ciri-ciri minyak yang baik untuk kesehatan dan cocok untuk program diet harus mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang tinggi. 

Berikut ini penjelasan 5 jenis minyak goreng yang dapat digunakan sebagai pengganti minyak kelapa sawit yang baik untuk kesehatan dan cocok untuk program diet. 

Minyak zaitun atau olive oil 

Mengandung sekitar 78% lemak tak jenuh tunggal vitamin A, C, D, E, K, asam laktat, Asam fusidat, Asam Palmia, serta kaya akan antioksidan yang disebut polifenol dan rendah senyawa aldehida saat dipanaskan. Minyak ini cocok untuk diet dan baik untuk kesehatan jantung. Minyak zaitun juga sering digunakan untuk menggoreng atau menumis makanan tetapi minyak ini tidak cocok digunakan untuk menggoreng dengan teknik deep fry atau menggoreng dengan banyak minyak.

Minyak kanola atau canola oil 

Mengandung 63% lemak tak jenuh tunggal dan asam Alfa linolenat yang merupakan turunan dari omega 3. Minyak ini juga kaya akan vitamin A dan vitamin K minyak ini juga terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung dan cocok untuk diet. Minyak kanola dapat digunakan untuk menggoreng dan menumis karena memiliki titik asap yang tinggi. 

Minyak bunga matahari atau sunflower oil

Minyak ini mengandung berbagai nutrisi bermanfaat asam oleat sekitar 14 hingga 40% beta in asam klorida dan asam linoleat yang mencapai 48% hingga 7%. Minyak ini juga dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh kita. Minyak bunga matahari juga sering digunakan sebagai pengganti minyak sayur untuk menggoreng menumis dan sebagai bahan baku pembuatan kue karena meyakini tidak mudah bereaksi terhadap panas. 

Minyak jagung atau corn oil 

Mengandung jenuh kita 13% yang lebih rendah daripada minyak kelapa sawit, minyak ini juga mengandung asam lemak esensial yang penting untuk tubuh lemak tak jenuh tunggal sekitar 24% yang efektif menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh vitamin yang terkandung dalam minyak ini juga bermanfaat untuk mempercepat regenerasi sel kulit mati dan menutrisi kulit agar tampak lebih sehat jagung cocok digunakan untuk menumis dan menggoreng karena memiliki titik asap yang tinggi.

Minyak kelapa atau coconut oil 

mengandung HDL atau kolesterol baik serta asam laurat yang tinggi itu minyak ini mengandung senyawa fenolik minyak ini sangat cocok untuk diet dan dapat menurunkan risiko serangan jantung dan antibakteri begitu minyak kelapa dapat digunakan untuk menggoreng atau menumis makanan meski beberapa ahli tidak menyarankan minyak kelapa untuk digunakan dalam panas tinggi namun meyakini masih lebih baik dari pada minyak kelapa sawit.

Itu dia 5 jenis minyak goreng yang sesuai untuk kamu yang sedang ingin mencoba untuk melakukan diet. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *