Yuk, Manfaatkan Barang Bekas untuk Kerajinan Tangan

kerajinan tanganBanyaknya inspirasi untuk membuat kerajinan tangan bisa Anda temukan di internet secara mudah. Langkah demi langkah dijelaskan melalui gambar atau video tutorial yang bisa Anda ikuti di rumah. Barang-barang bekas pun bisa diolah semenarik mungkin sebagai kerajinan dengan nilai seni. Mengurangi tumpukan sampah hanya dari sampah kecil seperti kertas bekas, botol bekas, sedotan dan sebagainya. Yuk, mulai kontribusi untuk meningkatkan kerajinan Indonesia dengan cara berikut ini.

1. Lampu hias

Pernah punya keinginan untuk membuat barang kerajinan tangan di kamar menjadi lebih indah? Percantik dekorasi kamar Anda hanya dengan modal kertas kardus bekas. Bentuk sesuai keinginan Anda, sehingga ruang yang Anda sukai bisa terlihat cantik di malam hari. Jika sudah berhasil membuatnya, Anda bisa bagikan cerita proses pembuatan kepada teman-teman lain.

2. Tempat tisu

Seberapa sering Anda mengonsumsi susu kaleng atau camilan dengan kemasan kaleng? Mungkin sampah kaleng salah satu sampah yang paling sering ada di rumah Anda. Manfaatkan kaleng tersebut untuk menciptakan kreativitas baru. Persiapkan beberapa alat untuk membuat lubang di bagian atasnya lalu beri cat. Sesuaikan lubang agar mudah mengambil tisu, untuk cat bebas yang ingin Anda gambar agar tempatnya terlihat lucu. Jika tidak ingin repot mengecat, bisa gunakan kertas kado dengan motif sesuai selera Anda.

3. Taplak Meja

Pernah membuat taplak meja sendiri? Terdengar mustahil, tapi hal ini bisa Anda wujudkan dengan sedotan. Setelah membeli minuman, mungkin Anda bisa menyimpan sedotan tersebut atau hasil limbah sedotan dari pengepul. Pastikan sudah dicuci terlebih dahulu agar terhindar dari kuman. Untuk hasil yang unik dan menarik buatlah motif dengan kreativitas seperti menyusun berdasarkan warnanya. Kerajinan tangan seperti ini memerlukan sedotan dan guntung serta beberapa meter benang. Ukur potongan sedotan menggunakan penggaris agar ukurannya sama satu dengan lainnya.

4. Wadah Peralatan Makan

Ternyata hanya dengan kaleng bekas Anda bisa mengkreasikan kerajinan tangan untuk wadah makanan. Bersihkan kaleng dan gunakan cat jika Anda ingin memiliki kaleng dengan warna favorit. Satukan kaleng dengan lempengan kayu agar bisa menjadi desain interior unik dalam dapur Anda. Untuk proses lebih lengkapnya bisa dilihat melalui internet, berani mulai mencobanya?