Terlalu Banyak Uang Elektronik Bikin Boros, Cegah dengan 3 Trik Ini!

uang-online
Uang Online

Jenis uang digital kini makin banyak aja. Dari perbankan, jasa transportasi, hingga retail minimarket, ramai-ramai mengeluarkan e-wallet masing-masing.

Nah, biar bisa hemat dan gak boros dengan adanya jenis-jenis uang online tersebut, ada baiknya buat bijak memilih. Berikut cara menghemat penggunaan uang elektronik.

1. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu

Saat memilih jenis-jenis uang online yang ada, pilihlah yang emang sesuai kebutuhan kamu. Pilih mana yang paling sering bakal kamu pakai.

Contoh, kalau kamu sering menggunakan KRL dan berkendara lewat tol pula maka pilihlah kartu perbankan seperti Flazz atau e-money. Sebab, kedua kartu tersebut bisa digunakan buat naik commuter line, tol, bahkan berbelanja.

Sementara itu, buat kamu yang cuma sering gunakan buat commuter line aja, gak ada salahnya buat punya KMT. Mungkin gak banyak yang tahu kalau kartu KMT lebih cepat diproses saat di-tap pada gate masuk dan keluar stasiun dibandingkan kartu-kartu lain. Selain itu, bila saldo habis, kamu lebih mudah buat isi karena kamu bisa segera ke loket commuter line.

2. Pilih uang online dari bank

Dibandingkan dengan keluaran retail, uang elektronik dari bank biasanya punya jangkauan lebih luas. Kamu dapat gunakan buat bayar tol, KRL, belanja di hampir semua retail, dan sebagainya. Sementara uang elektronik seperti Indomaret Card tentu terbatas buat retail tersebut aja.

Meski demikian, kalau kamu emang cukup sering belanja di Indomaret contohnya, gak salah buat punya kartu Indomaret Card. Kamu bisa belanja lebih hemat kalau kartu itu sedang menawarkan promo tertentu.

3. Minimalkan jenis uang milik kamu

Yap! Jenis-jenis uang elektronik bisa aja banyak banget. Namun, ada baiknya buat meminimalkan jumlah kartu uang elektronik milik kamu. Punya dua aja udah cukup deh.

Kamu bisa pilih sesuai dengan yang paling sering kamu gunakan. Contoh, seperti yang udah disebutkan. Kalau kamu sering naik KRL dan berkendara lewat tol maka milikilah kartu uang digital dari perbankan dan KMT.

Terlalu banyak kartu yang kamu miliki malah bikin pengeluaran kamu gak teratur. Sebab, pos-posnya makin banyak dan bahkan gak terpakai. Kartu banyak, tapi uang tunai kamu malah sedikit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *