Inilah 4 Manfaat Uang Koin yang Jarang Diketahui

Uang Elektronik

Tak sedikit orang yang meremehkan uang koin karena nominalnya yang kecil. Apalagi di zaman uang elektronik. Makanya gak heran kalau seringkali uang itu diletakkan begitu saja. Sayangnya gak banyak yang tahu kalau koin ternyata punya banyak manfaat lho.

Selain itu, udah banyak sekali orang yang bisa membeli barang mewah nan mahal karena mengumpulkan uang receh. Ternyata ada manfaat lainnya yang bisa kamu dapat dari uang koin lho.

Apa saja itu? Berikut tujuh di antaranya:

1. Kasih ke “Pak Ogah”

Kebayang gak sih gimana ribetnya kalau dimobil kamu gak ada koin. Gak mungkin kan kamu kasih uang Rp 5.000 setiap ada “Pak Ogah” di jalan.

Sementara di Indonesia keberadaan “Pak Ogah itu” sendiri masih sangat banyak sekali. Misalnya, membantu kamu putar balik di jalanan. Memberikan uang Rp 500 hingga Rp 1.000 dirasa sudah cukup.

2. Media untuk mengajarkan anak menabung

Menabung memang harus diajarkan kepada anak sejak dini agar ia memiliki kebiasaan menyisihkan uang untuk di tabung. Pasalnya meski terkesan sepele, nyatanya masih banyak yang selalu gagal menabung dan ujung-ujungnya bikin keuangannya jadi berantakan.

Nah, karena itu kamu perlu banget nih mengajarkan anak menabung dengan memanfaatkan uang receh sebagai medianya. Kamu bisa membelikan celengan berbentuk buah atau hewan yang lucu agar anak semakin bersemangat menabung.

3. Meredam panas laptop

Tak banyak yang tahu kalau uang receh ternyata dapat meredam panas laptop lho. Seseorang asal Jepang yang menemukan cara unik ini menjelaskan kalau tembaga yang ada pada uang koin ternyata lebih bagus sebagai konduktor panas daripada alumunium di laptop.

Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menumpuk beberapa uang koin di atas laptop dan panas laptop pun dapat kembali dingin dalam waktu 30 menit hingga satu jam.

4. Beramal

Uang koin juga bisa digunakan untuk membantu sesama atau beramal kepada orang yang membutuhkan lho.

Karena sekecil apapun bantuan kamu, sangat berarti buat mereka. Meskipun hanya memberikan koin. Daripada kamu letakkan sembarangan, lebih baik diberikan kepada orang lain yang membutuhkan. Setuju?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *