Ingin Memulai Bisnis Daur Ulang Plastik? Ini Cara Mudahnya!

daur ulang plastikTidak selamanya sampah plastik merugikan, karena Anda bisa memulai bisnis dengan bermodalkan plastik. Persiapkan modal dan rasa kepedulian yang tinggi untuk bisa memulainya. Seperti yang kita ketahui plastik sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat, karena plastik dianggap sebagai wadah praktis dan efisien. Banyak cara yang sudah dilakukan oleh para komunitas pencinta lingkungan untuk mengampanyekan daur ulang plastik. Bukan hanya menjadi kerajinan tangan, tetapi dalam bentuk biji plastik. Perhatikan hal yang perlu Anda persiapkan berikut ini :

1. Modal

Usaha yang akan Anda lakukan ini masuk dalam kategori usaha mikro kecil dan menengah. Modal yang diperlukan memang tidak sedikit karena memerlukan alat dan beberapa bantuan tenaga kerja. Untuk membuka bisnis daur ulang plastik ini harus dengan niat dan tekad bulat. Jika memang modal belum mencukupi coba diskusikan kepada para peminjam modal usaha terbaik. Bisa ke pihak bank atau koperasi yang juga mendukung kegiatan lingkungan sosial.

2. Lokasi usaha

Cara selanjutnya adalah persiapkan lokasi karena membutuhkan lokasi yang cukup luas. Lokasi terbagi menjadi tempat bahan baku dan peralatan yang digunakan untuk daur ulang plastik. Memilih lokasi yang jauh dari perumahan juga penting, agar bau dari proses pembuatan tidak mengganggu masyarakat sekitar. Selain itu minta surat izin dari dinas terkait setempat agar usaha Anda resmi bisa berjalan dengan baik.

3. Bahan utama

Bahan yang digunakan bisa Anda dapatkan dari TPA dekat lokasi bisnis. Agar mempermudah kontinuitas bahan sebaiknya lakukan kerhasama dengan para penjual plastik bekas atau para pemulung. Menjadi wirausaha pun harus bisa memberdayakan masyarakat sekitar lingkungan. Sehingga adanya keuntungan dari kedua pihak, mereka mendapatkan pekerjaan, Anda mendapatkan bahan dengan mudah.

4. Karyawan dan pihak pembeli

Sumber daya manusia (SDM) diperlukan untuk menunjang usaha. Dibutuhkan karyawan dengan pengalaman atau setidaknya mengetahui seluk beluk industri pengolahan sampah. Tanpa karyawan Anda akan kesulitan membangun usaha seperti ini. Terkait hal penting adalah pihak ketiga yang akan membeli barang produksi Anda. Pikirkan bagaimana Anda bisa menemukan pengusaha yang membutuhkan barang ini.

5. Timbangan dan penggiling plastik

Pekerjaan seperti ini tentu membutuhkan alat dan mesin terbaik dalam membantu hasil yang memuaskan. Mesin timbangan, pencacah plastik, pengering serta wadah besar dan beberapa alat lainnya. Lakukan survei dan gali pemahaman Anda terkain bisnis ini.