Hemat Uang Bulananmu dengan Membatasi Pengeluaran untuk 4 Hal Ini

uang-online
Uang Online

Hemat uang bulanan mungkin berat, tapi kadang inilah satu-satunya cara menghindari utang yang menjerat. Jelas, lebih enak belanja terus ketimbang hemat uang kan.

Namun yang jadi masalah adalah beberapa pos belanja dalam bujet bulanan gak bisa dihapus begitu saja. Solusinya adalah memotong sekian persen pos tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Kira-kira pos apa saja yang bisa dipotong dan bagaimana langkah penghematan yang bisa dilakukan? Mari kita longok bersama.

1. Pulsa atau kuota Internet

Misalnya per bulan alokasi untuk pulsa dan kuota Internet pol mentok Rp 100 ribu. Rinciannya adalah 50 ribu rupiah buat kuota sebagai paket termurah dan Rp 50 ribu buat pulsa.

Gimana kalau pulsa dijadiin 25 ribu rupiah aja. Cara menghematnya adalah stop gunakan SMS dan batasi telepon, lebih banyak pakai aplikasi pesan dan email. Lagian, hari gini masih pakai SMS?

2. BBM atau uang transport

Pos berikutnya adalah BBM atau uang transportasi, tergantung kebiasaan masing-masing. Buat yang berkendara sendiri ke kantor dan tempat lain, sebaiknya kurangi pemakaian yang kurang begitu penting.

Misalnya mau ke minimarket deket rumah, ya jalan saja ketimbang pakai motor. Udah keluar duit bensin, masih bayar parkir liar. Kalau ke kantor, mungkin bisa agak pagian agar gak terjebak macet. Makin lama kena macet, makin banyak bensin menguap sia-sia lho.

Adapun yang pakai angkutan umum bisa hemat uang dengan manfaatkan promo transportasi berbasis Internet atau online. Sering ada promo kalau pakai dompet elektronik dari mereka.

3. Makan

Secara umum, semua orang makan tiga kali sehari. Nah, buat hemat uang dan membatasi pengeluaran, bisa sesekali makan hanya dua kali, yakni pagi dan siang menjelang sore.

Sarapan penting biar konsentrasi terjaga. Sedangkan makan siang-sore buat menjaga nutrisi dan lambung. Makan malam bisa diganti buah yang murah meriah tapi menyehatkan, misalnya pisang.

Pengeluaran bisa banyak dihemat bila masak sendiri. Beli bahan berupa wortel, buncis, dan kol, misalnya, bisa diolah jadi sayur sop dan orak-arik dengan tambahan telur.

4. Belanja bulanan

Belanja bulanan mutlak wajib masuk daftar pengeluaran. Tapi pos ini bisa kita hemat sehemat-hematnya.

Salah satu caranya, susun daftar belanja dengan barang kebutuhan utama di posisi prioritas. Misalnya beras di nomor 1, bukan baju atau rokok.

Selain itu, manfaatkan promo yang tersedia di supermarket. Contohnya ada diskon bila pakai kartu kredit tertentu. Cek apakah promo itu bisa kita ambil.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *