5 Ide Kerajinan Botol Plastik yang Bisa Anda Coba!

kerajinan botol plastikSudah berapa kali Anda meminum minuman dalam kemasan botol? Jika sering mengonsumsinya pada akhir bulan pasti tumpukannya siap dibuang. Tunggu dulu, ada banyak ide menarik untuk mengubah sampah menjadi sebuah kerajinan botol plastik. Ajak anak untuk menciptakan kegiatan seru baru dengan hal sederhana seperti ini. Bangun kreativitas anak dengan memanfaatkan beberapa barang yang ada di rumah. Rasa kepuasaan tersendiri ketika Anda berhasil membuat pernak-pernik lucu dengan anak Anda.

1. Bowling Minion

Hampir semua anak pasti mengetahui karakter kartun bernama minion. Persiapkan beberapa botol bekas minuman untuk dilukis dengan warna karakter tersebut. Jadikan minion sebagai sasaran bola bowling dan biarkan anak bermain di dalam rumah. Sebelum bermain, anak akan tahu bagaimana proses membuat sebuah kerajinan botol plastik.

2. Kepingan salju

Indonesia sebagai salah satu negara yang tidak memiliki musim salju. Untuk membantu anak membangun imajinasinya adalah dengan membuat salju dari botol plastik. Gunakan sisi bawah botol berwarna apa saja atau bisa juga di cat. Bisa untuk dekorasi kamar anak atau dekorasi merayakan hari natal. Tambahkan pita atau tali pada bagian atasnya agar bisa digantung sehingga hiasan yang berbentuk salju tersebut lebih menarik.

3. Celengan bentuk hewan

Tanamkan sedari kecil kepada anak untuk menabung. Tidak harus membeli celengan terlalu mahal, karena Anda bisa membuatnya sendiri bersama buah hati di rumah. Dengan bentuk hewan apa pun contohnya seperti bentuk lucu babi, kucing, dan lain-lain. Celengan hasil kerajinan botol plastik yang sudah dibuat akan menambah semangat anak dalam menyimpan uang mereka.

4. Tumbuhan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan adalah sebuah tanggung jawab besar, bisa jadi merepotkan untuk Anda yang masih memiliki anak kecil. Buat sendiri tanaman sudut ruangan atau rumah Anda menjadi karakter hewan. Menggunakan botol yang sudah dibersihkan sebelumnya, tambahkan mata mainan. Manfaatkan tutup botol sebagai hidung, masukan tanah dan pupuk kemudian isi dengan bibit tumbuhan yang anak inginkan.

5. Membuat Sapu

Kerajinan botol plastik selanjutnya yaitu sapu. Yang harus diperhatikan adalah cara memotong sapunya. Jika suatu hari sapu di rumah Anda rusak, tidak perlu membeli sapu  baru, buat sendiri sapu dengan botol yang tidak terpakai. Akan sangat berfungsi sama seperti sapu pada umumnya.