4 Fakta Fitur WhatsApp Pay yang Akan Masuk di Indonesia

uang-elektronik
Uang Elektronik

WhatsApp Pay dikabarkan bakal hadir di Indonesia lho. Fitur baru ini dihadirkan buat mempermudah para pengguna WhatsApp dalam melakukan transfer uang. Transfer uang menjadi lebih efisien dari sebelumnya dengan munculnya layanan ini.

Nah, ada beberapa fakta menarik seputar fitur WhatsApp Pay ini. Seperti apa fakta-faktanya? Berikut ini ulasannya.

1. WhatsApp Pay pertama kali meluncur di India sejak tahun 2018

Layanan ini hadir pertama kali di India pada Februari 2018. Saat itu fitur yang diperkenalkan masih versi Beta alias masih uji coba.

Kenapa India dipilih sebagai negara pertama ? Rupanya jumlah pengguna WhatsApp yang mencapai 350 – 400 juta menjadi pertimbangan kenapa India dipilih.

2. Cara kerja menggunakan konsep peer-to-peer

Dengan menggunakan WhatsApp Pay, para pengguna bisa mengirim uang langsung ke pengguna WhatsApp lainnya. Namun, buat bisa mengirim uang, fiturini harus dihubungkan ke salah satu akun bank yang telah bekerja sama dengan WhatsApp.

Walaupun di India cara kerjanya menggunakan konsep P2P, kabarnya nih di Indonesia cara kerjanya bakal berbeda. Sebab regulasi Bank Indonesia (BI) membuat WhatsApp mencari cara lain buat menghadirkan layanan miliknya. Infonya nih WhatsApp sedang mendekati Go-Pay, Ovo, Dana, hingga LinkAja yang telah peroleh izin.

4. CEO Facebook Mark Zuckerberg bersemangat dengan peluncuran fitur ini

Peluncuran fitur ini pada tahun 2018 mendapat respons positif dari CEO Facebook Mark Zuckerberg. Lahirnya fitur baru ini dalam aplikasi WhatsApp membuat dirinya bersemangat. Apalagi keberadaan fitur bakal membantu banyak orang.

Seperti yang kamu tahu, WhatsApp merupakan salah satu bagian dari Facebook. Bersama dengan Instagram, Oculus, dan Calibra, WhatsApp menjadi anak usaha dari Facebook. Itu berarti ada saham Mark Zuckerberg dalam aplikasi WhatsApp.

Setelah India, ke depan fitur payment bakal aktif di sejumlah negara, termasuk Indonesia. India, Indonesia, dan negara-negara tersebut rencananya menjadi percontohan penggunaan fitur payment tersebut.

Nah, itu tadi fakta-fakta seputar WhatsApp Pay yang bakal dirilis di Indonesia. Menurutmu gimana? Apakah fitur payment ini perlu banget dalam mendukung kegiatan transaksimu nantinya? 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *